Kegiatan Community Led Total Sanitation Dinkes HSU bekerjasama dengan MUI Kab. Hulu Sungai Utara.

Kegiatan CLTS (Community Led Total Sanitation) Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Utara Bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. HSU. STOP BABS !

Dalam rangka persiapan Lomba Desa Tk. Provinsi Kalimantan Selatan tanggal 10 Mei 2017, karena di desa Pulau Tambak masih ada 16 KK yang BABS (Buang Air Besar Sembarangan), maka Seksi Kesling, Kesjaor Dinkes HSU bekerjasama melakukan Pemicuan.

Sebagai Pembicara yang mewakili Tokoh Agama/masyarakat  dalam hal ini langsung adalah Ketua MUI Kab. Hulu Sungai Utara. (KH. M. Said, Lc.)

Dalam hal ini beliau menyampaikan pada intinya :

Aturan Adab yang disampaikan Rasulullah, Tentang Tata Cara Buang Air Besar dan Kecil,

“ Janganlah Buang Air (kotoran/hajat/BAB) di sumber air, dijalan orang, dan dibawah pohon tempat orang berteduh”

Dalam hal ini Rasulullah Bersabda yang artinya

“ Pelihara dirimu dari 3 (tiga) hal yang menyebabkan kutukan orang, yaitu buang air besar (BAB) di sumber air, di tengah jalan dan ditempat orang berteduh (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Semoga dengan adanya sentuhan nilai-nilai agama yang telah disampaikan melalui kerjasama Dinas Kesehatan Kab. HSU, MUI dan masyarakat itu sendiri bisa menjadi pencerahan dan sekaligus awal perwujudan STOP BABS di Desa Pulau Tambak khususnya dan Kabupaten Hulu Sungai Utara pada umumnya. Mantap….. Semoga,

Dasar Metode CLTS

Upaya mengubah perilaku hygiene dan sanitasi menggunakan metode CLTS (Community Led Total Sanitation) sebagai metode andalan bagi sebagian pelaku sanitasi.

Salam Sehat …….

Author

2 Comments

  1. semoga makin sering acara seperti ini.
    hal ini sangat bermanfaat untuk warga sekitar di daerah kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: