Hot! Sosialisasi Tes HIV Pada Ibu Hamil Bagi Petugas Puskesmas Di Tingkat Kab. HSU

Berdasarkan Peraturan menteri kesehatan no 97 tahun 2014 tentang pelayanan kesehatan masa sebelum hamil, masa hamil, persalinan dan masa sesudah melahirkan, penyelenggaraan kontrasepsi, serta pelayanan kesehatan seksual. Bahwa tes HIV pada ibu hamil merupakan bagian pelayanan antenatal komprehensif dan terpadu yang menjadi salah satu upaya penapisan atau screening utk mendeteksi kasus secara dini. Untuk itu makaTes HIV pada ibu hamil seyogyanya sudah mulai dilakukan di semua puskesmas.
Pembekalan terhadap petugas puskesmas yang terlibat langsung dalam pelaksaan program perlu dilakukan melalui sosialisasi di tingkat kabupaten dan akan dilanjutkan pada tingkat kecamatan.
Pelaksanaan sosialisasi tes hiv pada ibu hamil bagi petugas puskesmas di tingkat kab. Hsu diadakan pada tanggal 22 mei 2017 bertempat di aula sehat 2 dinas kesehatan yang di hadiri oleh petugas puskesmas terdiri dari 1 org pengelola program hiv, 1 org bidan puskesmas dan 1 org analis puskesmas dari 13 puskesmas se kab. Hsu. Acara di buka oleh Kabid P2P mewakili kadinkes, dilanjutkan dgn pemberian materi oleh Kasi P2PM, Kasi KesGA dan Gizi, Pengelola prog HIV Kab. Dilanjutkan dengan praktek cara tes HIV dengan RDT.

Mengetahui status HIV secara dini waktu hamil sangat bermanfaat untuk perempuan dan bayi. Kemampuan perempuan untuk mengawasi kesehatan dan kehidupan sendiri diperbaiki bila diketahui apakah dia terinfeksi HIV. Lagi pula, bila dia mengetahui dirinya HIV-positif, perempuan dapat melakukan intervensi untuk mencegah penularan pada bayi. Oleh karena itu, sebaiknya tes HIV ditawarkan kepada perempuan hamil, apalagi bila dia pernah berperilaku berisiko. Namun, tes harus dilakukan secara sukarela, tanpa paksaan, dan dilengkapi dengan konseling sebelum tes dan setelah tes, serta dengan persetujuan berdasarkan informasi yang lengkap (informed consent). HIV, kehamilan dan kesehatan perempuan

Sumber : http://i-base.info/wp-content/uploads/2006/09/indonesian-pregnancy.pdf

http://kesga.kemkes.go.id/images/pedoman/PMK%20No.%2097%20ttg%

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: