Ayo Hidup Sehat

Kata-kata dari judul di atas merupakan ajakan atau seruan yang barangkali semua orang menyadari bahwa hal tersebut baik dan patut untuk di ikuti. Kesehatan merupakan harta kekayaan yang mahal harganya. Kesehatan juga merupakan nikmat yang diberikan Allah SWT yang harus disyukuri dan harus dipelihara karena juga merupakan hak dasar dari manusia. Kesehatan merupakan unsur esensial dalam menentukan sumber daya manusia yang perlu dipelihara.
Bila ditelaah dengan agama, maka di dalam agama selalu dianjurkan untuk hidup sehat. Contoh sederhan adalah berwudhu yaitu bersuci membersihkan anggota tubuh sebelum sholat, bersiwak atau bersikat gigi. Banyak lagi contoh lain yang menyatakan bahwa kesehatan khususnya kebersihan itu dianjurkan dalam agama Islam. Ada pepatah yang mengatakan “kebersihan adalah pangkal kesehatan”

Kesehatan kita ketahui dipengaruhi 4 faktor, yaitu :
1. Lingkumgan
2. Perilaku manusia
3. Pelayanan kesehatan
4. Keturunan
Dari ke empat faktor tersebut maka faktor lingkungan dan perilakulah yang sangat berpengaruh.
Lalu bagaimana upaya yang dianjurkan agar hidup kita sehat ?
Upaya yang dilaksanakan tidak lain adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, baik untuk tingkatan individu, keluarga, masyarakat maupun untuk institusi. . Kita sebagai manusia tidak luput dari lupa dan khilaf maka anjuran ini hanya mengingatkan kembali betapa pentingnya kesehatan bagi kita semua.
Anjuran ini merupakan hanya suatu anjuran, karena perlu disadari hanya kemauan, kesadaran dan kemampuan dari individu, keluarga, masyarakat sendiri untuk meningkatkan kesehatannya. Oleh karena itu, dari sekarang “ayo hidup sehat”.

Sumber : http://keperawatankomunitas.blogspot.co.id/2009/10/ayo-hidup-sehat.html

Author

1 Comment

  1. Setuju mari kita biasakan hidup sehat karena sehat untuk kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: