PERTEMUAN ORIENTASI PKRT TINGKAT KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2017

Agenda Pembangunan Kesehatan 2015 – 2019 bertujuan mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Upaya peningkatan kesehatan reproduksi dilaksanakan pada setiap tahapan hidup manusia sepanjang siklus kehidupan (life cycle) dengan pendekatan pelayanan yang berkesinambangan (continuum of care). Berbagi intervensi telah dilakukan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi, namun hasilnya masih belum seperti yang diharapkan. Dengan konsep paradigm sehat, maka upaya penrcepatan penurunan AKI dan AKB harus diarahkan lebih ke hulu yaitu pada masa sebelum kehamilan dengan menitik beratkan pada upaya promotif/priventif.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka calon pengantin merupakan sasaran yang strategis  dalam upaya peningkatan kesehatan sebelum hamil. Pemberian informasi kesehatan reproduksi kepad calon pengantin, sangat diperlukan untuk memastikan setiap calon pengantin memiliki pengetahuan yang cukup untuk merencanakan kehamilan dan mempersiapkan keluarga yang sehat.

KEGIATAN

Kegiatan Pertemuan Orientasi Pelayanan Kesehatan Reproduksi Terpadu (PKRT) Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2017 dilaksanakan selaqma 1 (satu) hari pada tanggal 12 Juni Tahun 2017 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten HSU.

TUJUAN

  1. Mensosialisasikan Tentang Pelayanan Kesehatan Reproduksi Terpadu (PKRT) di tingkat Puskesmas
  2. Memberikan informasi mengenai pelayanan kesehatan bagi calon pengantin
  3. Menyampaikan informasi mengenai kebijakan konseling bagi calon pengant

Waktu dan Tempat

Kegiatan Pertemuan Pengelola Kesehatan Remaja tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara akan dilaksanakan pada :

Hari                        : Senin

Tanggal                 : 12 Juni 2017

Tempat                  : Aula Dinas Kesehatan Kabupaten HSU.

PELAKSANA

Kegiatan ini diselenggarakan olek Seksi Kesehatan Keluarga Dan Gizi Masyarakat inas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara.PESERTA

Peserta berjumlah 39 (tiga puluh sembilan) orang yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Bidan Koordinator dan Petugas Gizi dari seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

MATERI

  1. Konsep Pelayanan Kesehatan Reproduksi Terpadu (PKRT) di Puskesmas
  2. Kesehatan Reproduksi Terpadu Bagi Calon Pengantin
  3. Lembar Balik Konseling Bagi Calon Pengantin

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: