Hot! Survey Lokus Nusantara Sehat di Kabupaten Hulu Sungai Utara. (PUSKESMAS SAPALA CALON LOKASI PENEMPATAN TIM NUSANTARA SEHAT)

Fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) untuk periode 2015 – 2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer. Prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Penguatan yankes primer mencakup tiga hal: Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan).

Kementerian Kesehatan melaksanakan program Nusantara Sehat sejak tahun 2015-2016, telah mengerahkan 1422 orang tenaga kesehatan ditempatkan pada 251  lokus puskesmas pada 91 Kabupaten/Kota di 28 Provinsi se Indonesia, meliputi  9 jenis tenaga kesehatan, yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, gizi, dan kefarmasian.

Sebelum dilakukan penempatan terlebih dahulu dilaksanakan survey lokasi guna menetukan kelayakan untuk penempatan tenaga yang akan di kirim. Untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara yang menjadi tempat survey adalah Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Sapala Kecamatan Paminggir. Kegiatan dilakukan sejak tanggal 13 Juni 2017. Petugas Survey adalah petugas surveryor dari Jakarta dan dalam pelaksanaannya didampingi seorang petugas dari Dinas Ksehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak H.Noor Effendi, S.Kep, Ners, M.Epid.


Puskesmas Sapala, Kecamatan Paminggir yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara menjadi salah satu calon lokasi penempatan Tim Nusantara Sehat besutannya Kementerian Kesehatan RI. Terkait hal tersebut, tim dari Pusat Penelitian & Pengembangan Sumber Daya Dan Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI yang  diwakili Primasari Syam, SKM dan Zaini Muharram, S.Gz datang ke Kabupaten Hulu Sungai Utara mulai tanggal 12-15 Juni 2017 untuk menilai langsung kesiapan lokasi penempatan Tim Nusantara Sehat tersebut.
Di tingkat kabupaten, tim bertemu dan melakukan wawancara langsung dengan para pejabat terkait di Dinas Kesehatan seperti Plt.Kepala Dinas Kesehatan (dr.H.Agus Fidliansyah), Kepala  Bidang Pelayanan dan SDK (dr.Ivan Hariyadi) dan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan (Hj.Karmila Sari,S.Kep). Selanjutnya tim bertolak dan menginap di Puskesmas Sapala selama 2 hari 1 malam bersama pendamping kabupaten, H.Nor Efendi,S.Kep,Ns, M.Epid untuk melakukan pengumpulan data-data dan verifikasi kelayakan dan kesiapan sebagai calon lokasi penempatan Tim Nusantara Sehat.
Nusantara Sehat adalah program penempatan tenaga kesehatan berbasis tim yang terdiri atas 5 sampai 9 profesi yang berbeda seperti dokter umum, perawat, bidan, sarjana kesehatan masyarakat, analis laboratorium, sanitarian, dokter gigi, ahli gizi, dan lain-lain yang dikontrak selama 2 tahun untuk ditugaskan di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan di berbagai wilayah Indonesia. Kehadiran mereka diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan puskesmas dalam pelayanan kesehatan masyarakat.
Hasil verifikasi kelayakan Puskesmas Sapala sebagai calon lokasi penempatan Tim Nusantara Sehat selanjutnya akan dibawa dan dibahas di tingkat pusat untuk dipilih bersama daerah-daerah lainnya dari seluruh Indonesia (fendy,15/06/17).

Sumber :

bppsdmk.kemkes.go.id/ns/content/sekilas-nusantara-sehat

data.nusantarasehat.kemkes.go.id/…/34-PENDAFTARAN-NUSANTARA-SEHAT-PE.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: