Hot! PENILAIAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN TINGKAT PERTAMA (FKTP) BERPRESTASI TINGKAT PROV.KALSEL TAHUN 2017 DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Reformasi pelayanan kesehatan di FKTP sesuai dengan reformasi konsep pelayanan kesehatan primer mengamanatkan Puskesmas dan FKTP lain bisa menjamin seluruh penduduk di wilayahnya memperoleh akses dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dasar secara paripurna, yang mengutamakan upaya-upaya promotif-preventif, dengan tidak mengabaikan upaya-upaya kuratif, rehabilitatif dan ( paliatif).
Sejalan dengan hal tersebut maka tanggung-jawab Puskesmas dan FKTP lainnya adalah menjamin bahwa seluruh penduduk di wilayahnya memperoleh pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan sesuai dengan kespesifikan masalah dankebutuhan masyarakat. Selain cakupan semesta, Puskesmas dan FKTP lainnya diharapkan mampu memberikan pelayanan yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat yang didukung dengan kemampuan manajemen yang baik.
Penganugerahan penghargaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi fasilitas pelayanan kesehatan sebagai salah satu bentuk dukungan dan dorongan untuk meningkatkan motivasi para pemberi pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
 Pada hari Rabu tanggal 21 Juni 2017 telah dilaksankan penilaian FKTP Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara. FKTP yang mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah UPT Puskesmas Sungai Karias Kecamatan Amuntai Tengah yang berakreditasi dasar untuk penilaian FKTP perkotaan dan UPT Puskesmas Amuntai Selatan Kecamatan Amuntai Selatan yang berakreditasi Madya untuk FKTP pedesaan. Penilaian di mulai pada UPT Puskesmas Sungai Karias dan dilanjutkan ke UPT Puskesmas Amuntai Selatan.
Kegiatan inovasi yang diunggulkan UPT Puskesmas Sungai Karias adalah Pembentukan Laskar Kasturi yang terdiri dari ibu-ibu yang bertindak sebagai kader yang sudah berusia 50 tahunan untuk membantu pergerakan masyarakat menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kelurahan Murung Sari.  Sedangkan kegiatan Inovasi dari UPT Puskesmas Amuntai Selatan sebagi unggulah adalah upaya peningkatan kunjungan Posyandu di Desa Kotaraja dengan melibatkan wahana permainan odong-odong dan lakon Power Rangers serta permainan memancing ikan,selain itu diberikn sertifikt untuk ibu mnyusui lulus asi esklusif.
Tim penilai dari provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 10 orang  untuk  menilai administrasi, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Alur proses penilaian di mulai acara pembukaan, presentasi dari kepala Puskesmas menyampaikan tentang Admen,pelayanan UKM dan UKP dan dilanjutkan telusur dokumen dan untuk UKP langsung ke playanan,,UKM ke pemegang program dan lintas sektor.
Dalam sambutannya bapak Plt Kepala Dinas Kesehatan Kab.HSU Bapak dr.H.Agus Fidliansyah berharap bahwa selain dilakukan penilaian juga dilakukan pembinaan untuk perbaikan selanjutnya.
Sumber : https://www.scribd.com/document/…/Lp-Juknis-Fktp-Berprestasi
Permenkes No.24 Tahun 2015 TENTANG PENILAIAN FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA BERPRESTASI
   
 

 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: