Hot! Detiksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan IVA Dalam Rangka HUT IBI ke 66 dan Hari Bidan Internasional di Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2017

Kegiatan Detiksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan IVA Dalam Rangka HUT IBI ke 66 dan Hari Bidan Internasional di Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2017 di beberapa Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Hulu Sungai Utara, yaitu :

  1. Untuk wilayah Kecamatan Amuntai Tengah bertempat di UPT Puskesmas Sei Karias dan UPT Puskesmas Sei Malang.
  2. Untuk wilayah Kecamatan Amuntai Selatan bertempat di UPT Puskesmas Amuntai Selatan.
  3. Untuk wilayah Kecamatan Haur Gading bertempat di UPT Puskesmas Haur Gading.
  4. Untuk wilayah Kecamatan Amuntai Utara bertempat di UPT Puskesmas Guntung.
  5. Untuk wilayah Kecamatan Babirik bertempat di UPT Puskesmas Babirik
  6. Untuk wilayah Kecamatan Sei Pandan bertempat di UPT Puskesmas Alabio
  7. Untuk wilayah Kecamatan Danau Panggang bertempat di UPT Puskesmas Danau Panggang
  8. Untuk wilayah Kecamatan Banjang bertempat di UPT Puskesmas Banjang
  9. Untuk wilayah Kecamatan Sungai Tabukan bertempat di UPT Puskesmas Pasar Sabtu.

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama TP PKK HSU-IBI-BPJS-Dinkes HSU. Acara pembukaan secara simbolis  dilaksanakan di UPT Puskesmas Sei Turak. Dalam sambutannya Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dibacakan pengurus TP PKK Kabupaten menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJS Kab.HSU,  IBI Kab.HSU, Dinas Kesehatan  dan puskesmas   atas  terlaksananya kegiatan pemeriksaan IVA, selain itu beliau berharap kepada ibu-ibu agar jangan malu dan takut memeriksakan diri untuk deteksi dini ca serviks. TP PKK dan BPJS Kesehatan cabang Barabai dan Amuntai meninjau langsung pelaksanaan pemeriksaan IVA di ruang pemeriksaan IVA di UPT Puskesmas Sei Karias. Sebelum dilaksanakan pemeriksaan dilakukan  informasi  tentang ca serviks dengan pembagian leafleat untuk ibu ibu.

Deteksi dini kanker leher rahim dilakukan oleh tenaga kesehatan yang sudah dilatih dengan pemeriksaan leher rahim secara visual menggunakan asam asetat yang sudah di encerkan, berarti melihat leher rahim dengan mata telanjang untuk mendeteksi abnormalitas setelah pengolesan asam asetat 3-5%. Daerah yang tidak normal akan berubah warna dengan batas yang tegas menjadi putih (acetowhite), yang mengindikasikan bahwa leher rahim mungkin memiliki lesi prakanker .
Tes IVA dapat dilakukan kapan saja dalam siklus menstruasi, termasuk saat menstruasi, dan saat asuhan nifas atau paska keguguran. Pemeriksaan IVA juga dapat dilak dilakukan pada perempuan yang dicurigai atau diketahui memiliki ISR/IMS atau HIV/AIDS. Metode IVA (inspeksi visual dengan aplikasi asam asetat) layak dipilih sebagai metode skrining alternatif untuk kanker leher rahim. Pertimbangan tersebut didasarkan oleh pemikiran, bahwa metode skrining IVA itu. Mudah, praktis dan sangat mampu laksana. Dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan bukan dokter ginekologi, dapat dilakukan oleh bidan di setiap tempat pemeriksaan kesehatan ibu. Alat-alat yang dibutuhkan sangat sederhana. Metode skrining IVA sesuai untuk pusat pelayanan sederhana.

Sumber :

www.pptm.depkes.go.id/…/Buku_Panduan_Pelaksanaan_IVA-SAD.

www.jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/…/21/18

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: