Bulan Detiksi Dini Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker terganas nomor dua yang menyerang kaum wanita. Sayangnya, masih banyak wanita, khususnya di Indonesia, yang tidak rutin memeriksakan diri dengan melakukan pap smear.

Pap smear merupakan sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi. Metode ini merupakan salah satu metode  untuk deteksi dini kanker serviks selain metode pemeriksaan IVA

Dalam rangka HUT BPJS Kesehatan ke 49 dilaksanakan kegiatan pemeriksaan detiksi dini kanker serviks kerjasama Dinkes Kab.HSU dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan Barabai, TP PKK Kab.HSU dan IBI Kab.HSU pada tanggal 13 Juli 2017 bertempat di UPT Puskesmas  Sungai Karias. Peserta yang mendaftar kurang lebih 68 orang ibu-ibu dari dharma wanita di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Acara di buka oleh Bapak Kabid P2P Dinkes Kab.Hulu Sungai Utara Bapak Masbudianto, SKM, dalam sambutannya beliau meminta agar kegiatan ini tidak hanya pada bulan Juli saja tapi terus dilanjutkan pada bulan-bulan berikutnya bekerjasama dengan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Barabai. Selain itu disampaikan bahwa  sekarang Kemenkes RI memiliki Program Germas ( gerakan masyarakat) yaitu aktifitas fisik,makan sayur dan buah dan deteksi dini kesehatan. dan salah satu deteksi dini kesehataan adalah Pap Smear

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Barabai dalam sambutannya  menjelaskan bahwa pemeriksaan pap smear ini merupakan bentuk dari pelayanan kepada masyarakat khususnya peserta JKN-KIS mengingat saat ini kanker serviks merupakan penyebab kematian tertinggi no.2 pada wanita.

Kemudian sambutan sekaligus pembukaan dari TP.PKK kab HSU  mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dan terima kasih kepada ibu-ibu yang sudah mau memeriksakan kesehatannya pada kegiatan pap smear hari ini.dan himbauan kepada ibu-ibu agar memeriksakan kesehatannya dan mengajak ibu-ibu  yang lain yang belum pernah memeriksakan  mau memeriksa kesehatannya ke bidan, poskesdes dan puskesmas.

 

 

Sumber : www.alodokter.com/deteksi-dini-kanker-serviks-dengan-pap-smea

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: