Hot! PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN (PKP) INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN (IRTP) DI KAB. HULU SUNGAI UTARA Tahun 2017

Pangan yang aman dan bermutu merupakan hak asasi setiap manusia, tidak terkecuali pangan yang dihasilkan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP). Undang – undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, pasal 111 ayat (1) menyatakan bahwa makanan dan minuman yang digunakan masyarakat harus didasarkan pada standar dan/atau persyaratan kesehatan. Undang-undang ini mengamanatkan bahwa makanan dan minuman yang tidak memenuhi ketentuan standar, persyaratan kesehatan, dan atau membahayakan kesehatan dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut ijin edar dan disita untuk dimusnahkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

Jaminan akan keamanan pangan merupakan hak asasi konsumen. Walaupun pangan itu menarik, nikmat, tinggi gizinya jika tidak aman di konsumsi praktis tidak ada nilainya sama sekali. Pangan termasuk kebutuhan terpenting dan sangat esensial dalam kehidupan manusia sehingga pangan yang di konsumsi oleh masyarakat harus memenuhi syarat keamanan pangan.

Pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilkan dari dapur rumah tangga maupun dari industri  pangan. Oleh karena itu industri pangan memegang peran penting dalam beredarnya pangan yang memenuhi standar mutu dan keamanan yang telah di tetapkan oleh Pemerintah. Mengingat hal tersebut, maka ditetapkan Pedoman Cara Produksi Pangan yang Baik Untuk Industri Rumah Tangan Pangan.

Mengingat pentingnya keamanan pangan dari hasil IRTP di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara menggap perlu menyelenggarakan “Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP)   di Kabupaten Hulu Sungai Utara” tahun 2017 yang dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 27 Juli 2017 bertempat di aula 2 Dinas kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara, pesertanya dari Industri Rumah Tangga dengan jumlah peserta 20 dari berbagai produk Industri Rumah Tangga se Kab. Hulu Sungai Utara. Sebagai narasumber selain dari Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam hal ini pada Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Keehatan Olah Raga juga dari Dinas Perizinan dan dari Deperindag Kab.Hulu Sungai Utara

.

 

 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: