Hot! WORKSHOP KESELAMATAN PASIEN TAHUN 2017

Dalam memberikan pelayanan kesehatan keselamatan menjadi hal penting baik untuk pasien maupun petugas kesehatan. Upaya meningkatkan keselamatan dapat dilakukan melalui prinsip manajemen resiko dan menghindari cedera pada pasien akibat pelayanan yang diberikan. Mengurangi resiko cedera, infeksi, atau bahaya lain terkait pelayananan kesehatan dapat dilakukan oleh Puskesmas dengan mengimplementasikan standar-standar mutu yang terkait dengan keselamatan dan manajemen resiko. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman petugas Puskesmas di Kabupaten Hulu Sungai Utara tentang keselamtan Pasien dan manajemen Resiko diadakan kegiatan Workshop Keselamatan Pasien.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan petugas Puskesmas dapat memahami :

  1. Program Mutu dan Keselamatan Pasien
  2. Standar Akreditasi Tentang Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko
  3. Konsep Manajemen Resiko dalam Pelayanan Kesehatan di FKTP
  4. RCA dan FMEA
  5. Cara Mengidentifikasi Resiko

Peserta berasal dari 13 Puskesmas di wilayah Hulu Sungai Utara dengan jumlah 58 orang terdiri dari Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu, Ketua Pokja UKM, Ketua Pokja UKP, Ketua Pokja Admin, Petugas Laboratorium, Petugas Farmasi dan penanggung jawab rawat jalan.

Narasumber dan fasilitator tim Surveior Akreditasi Puskesmas Provinsi Kalimantan Selatan, Tim Pendamping Akreditasi Puskesmas Kab.Huku Sungai Utara, Pejabat struktural dan Pengelola Akreditasi Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Waktu pelaksanaan 3 hari yaitu pada tanggal 26 s/d 28 Juli 2017 bertempat di Aula Sehat 1 Dinkes Kab.HSU.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: