Hot! UPT Puskesmas Sapala Mendapatkan Tenaga Kesehatan Tim Nusantara Sehat

Sebagai  upaya tindak lanjut dari survey lokasi penempatan tenaga kesehatan tim Nusantara Sehat maka dilaksanakan kegiatan Penyusunan RUK Tim Nusantara Sehat Periode II Tahun 2017 (Batch 7 ) Dalam Rangka Sosialisasi Penempatan Nakes pada tanggal 13 – 16 Agustus 2017 di Hotel Santika Taman Mini Jalan Pintu 1 Taman Mini Nusantara Indah JakartaTimur. Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan salah satu dari 33 sasaran kabupaten se Indonesia  dalam hal ini UPT Puskesmas Sapala yang terpilih dan telah dilaksanakan survey kelayakan penempatan tenaga Tim Nusantara Sehat di undang pada kegiatan tersebut dan diwakili oleh Kepala UPT PUskesmas Sapala Bapak H.Mansyah Effendi, AMK.

Dari hasil peminatan tenaga yang dikirimkan untuk UPT Puskesmas Sapala hanya mendapatkan 5 tenaga kesehatan yaitu tenaga bidan, tenaga perawat, tenaga kesmas, tenaga farmasi dan tenaga kesling. Tim Nusantara Sehat kesulitan merekrut tenaga dokter dikarenakan peminatnya sedikit. Dan yang mendapatkan tenaga dokter memang di prioritaskan wilayah yang sangat terpencil sekali.

Rencananya tim Nusantara Sehat di kirim ke puskesmas tgl 27 Agustus 2017 Penandatanganan mou/kerjasama antara bupati dan kemenkes di Jakarta tanggal 23 agustus 2017.

Pada pelaksanaan kegiatan Penyusunan RUK Tim Nusantara telah disusun RUK dari masing-masing tenaga yang akan dikirim ke Puskesmas dan disepekati serta diketahui oleh Kepala Puskesmas yang akan mendapatkan tenaga tersebut.

Salah satu contoh RUK yang dibuat tenaga kesehatan Tim Nusantara Sehat untuk UPT Puskesmas Sapala adalah sesuai dengan data penyakit Malaria yang masih ada di UPT. Pusk Sapala maka Tim Nusantara Sehat akan merencanakan usulan kegiatan atau RUK yaitu melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya penyakit Malaria sekaligus pembagian kelambu berinsektisida kepada masyarakat wilayah UPT Pusk. Sapala.

Serta sesuai data tahun 2016 cakupan K1 dan Asi Eksklusif  masih rendah, maka tim NS membuat RUK PEER SUPPORT BANJAR ( forum Diskusi Bumil Pengantin Baru) yang mana disini merupakan wadah sharing ibu hamil pengantin baru.agar ibu hamil muda mengerti dan memahami manfaat Asi Eksklusif.

By : Mansyah

 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: