Operasi Katarak Gratis Kerjasama PT.Adaro Indonesia dengan Pemerintah Daerah Hulu Sungai Utara

Mata yang sehat tentu setiap orang ingin memilikinya, namun tidak semua orang dapat merasakannya. Berbagai bentuk kebutaan yang terjadi pada masyarakat, salah satunya adalah kebutaan akibat katarak. Satu dari seribu orang di Indonesia mengalami kebutaan akibat katarak. Survey Komisi Mata Nasional tahun 2014-2015, angka kebutaan penduduk berusia diatas 50 tahun meningkat sebanyak 2,4 %.  Sejak Tahun 2003 PT.Adaro memulai kegiatan operasi katarak gratis bekerjasama dengan 6 kabupaten yang menjadi wilayah operasional PT.Adaro Indonesia dan salah satunya adalah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hingga saat ini telah dilakukan operasi katarak sebanyak 5.295 mata pasien katarak.

Dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 maka PT.Adaro Idonesia kembali bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Hulu Sungai Utara melaksanakan operasi katarak gratis sejak tanggal 19 Agustus 2017 bertempat di Kecamatan Danau panggang dan tanggal 20 Agustus 2017 bertempat di depan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Acara ceremony Operasi Katarak Gratis pada tanggal 20 Agustus 2017 bertempat di depan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara di hadiri Bapak Plt.Sekda Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak drh.Suyadi. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PT.Adaro untuk melaksanakan operasi katarak gratis sehingga dapat membantu mengurangi penderita kebutaan akibat katarak di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan sekaligus beliau membuka  secara resmi acara operasi katarak gratis di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pada kesempatan lain setelah acara pembukaan beliau berkesempatan melakukan kunjungan ke lokasi operasi katarak di aula Dinas Kesehatan tempat pre dan post operasi. Sedangkan Operasi katarak dilakukan di dalam Bus Opearsi katarak yang dimiliki PT.Adaro Idonesia.

Bapak Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa operasi katarak gratis juga dianggarkan/disediakan  pada DPA SKPD Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara sehingga penderita katarak bisa lebih banyak yang dapat dilakukan operasi gratis. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tidak semua penderita dapat dilakukan operasi gratis dari dana APBD sehingga dengan adanya bantuan operasi gratis dari PT. Adaro Indonesia maka sisa penderita dari hasil pemeriksaan dapat tertanggulanggi untuk dilaksankan operasi gratis.

Dari PT.Adaro Indonesia khususnya pihak  manajemen PT.Adaro Indonesia yang diwakili oleh Ibu Sri Armiyati Jarkasi selaku CSR Section Head PT.Adaro Indonesia menyampaikan bahwa Operasi katarak gratis ini merupakan salah satu bentuk nyata kegiatan bantuan kemasyarakatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat . Beliau menyampaikan bahwa tidak setiap tahun kegiatan bisa terlaksana karena harus ada koordinasi dari masing-masing daerah dan sekiranya memang dianggap perlu maka mungkin saja akan terus dikoordinasikan dan diteruskan. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang selama ini dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pada kesempatan lain pada pembukaan acara operasi katarak ini beliau juga menyerahkan secara simbolis bantuan operasi katarak gratis PT.Adaro Indonesia berupa dana untuk kegiatan operasi yang dilaksanakan berjumlah Rp.200.000.000 kepada Pemerinrtah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara yang diterimakan oleh Plt Sekda Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak drh.Suyadi. Acara ini juga dihadiri oleh Dandim 1001 Kabupaten Hulu Sungai Utara yang diwakili oleh Bapak Nur Khoti Perwira Seksi Teritorial.

Pelaksanaan operasi katarak yang telah dilakukan di Kecamatan Danau Panggang pada tanggal 19 Agustus 2017 berjumlah 24 penderita dari 36 orang yang terdaftar.  Penderita yang terdaftar untuk pelaksanaan operasi katarak di depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara berjumlah 44 orang dan yang bisa dilakukan operasi berjumlah 37 orang sehingga jumlah semua penderita yang bisa di operasi berjumlah 61 orang penderita. . Tim operasi katarak berasal dari Rumah Sakit Khusus Mata Unda’an Surabaya Jawa Timur yaitu 1 orang dokter spesialis mata Ibu dr. Dini SPM dan 2 orang perawat spesialis mata Bapak Mahmud Abu Bakar dan Bapak Rizki Cahyono.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: