KUNJUNGAN DOKTER SPESIALIS KEBIDANAN KE PUSKESMAS RAWAT INAP ALABIO

Salah satu upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam menurunkan kematian ibu dan kematian anak adalah dengan membentuk Puskesmas Mampu PONED yang sampai saat ini berjumlah 6 Puskesmas.

Dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, terutama yang beresiko tinggi sekaligus pembinaan Puskesmas PONED, maka Dinas Kesehatan, dalam hal ini Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat dengan bekerjasama dengan RSUD Pambalah Batung melakukan kunjungan bersama Dokter Spesialis Kebidanan kesalah satu Puskesmas PONED yang pada kesempatan ini dipilih Puskesmas Rawat Inap Alabio.

TUJUAN

  1. Meningkatkan jangkauan pelayanan bagi ibu hamil, khususnya ibu hamil yang beresiko tinggi oleh Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan
  2. Melakukan pembinaan Puskesmas PONED
  3. Update pengetahuan dan keterampilan petugas yang melayani di PONED

Kegiatan ini dilaksanakan pada :

Hari                       : Kamis

Tanggal                : 24 Agustus 2017

Waktu                   : 09.00 WITA s.dselesai

Petugas               :

  1. Endang Ruslianty, Sp.Og
  2. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat
  3. Kasi Kesga dan Giz iMasyarakat
  4. Pengelola KIA Dinkes Kabupaten HSU

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan 6 orang ibu hamil terpilih oleh Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan.Pada pemeriksaan ditemukan 2 orang ibu hamil dengan Hipertensi, yang salah satunya langsung dirujuk ke RSUD Pambalah Batung karena jumlah air ketuban yang  tinggal sedikit ditambah adanya Pertumbuhan Janin Terhambat (PJT) karena hipertensi yang dialami oleh ibunya.

Setelah pemeriksaan ibu hamil, dr. Endang Ruslianty, Sp.OG memaparkan materi tentang Kehamilan ResikoTinggi yang dilanjutkan dengan diskus idan Tanya jawab dengan Dokter dan Bidan yang bertugas di Puskesmas Rawat Inap Alabio.

by: Jayanti

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: