SERAH TERIMA TIM NUSANTARA SEHAT DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Pada hari Rabu tanggal 30 bulan Agustus tahun dua ribu tujuh belas, telah diserahkan Tim Nusantara Sehat dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara sebanyak 5 (lima) orang untuk didayagunakan  di Puskesmas sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/401/2017 tentang Pengangkatan Tenaga Kesehatan dalam  Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam Mendukung Program Nusantara Sehat Periode II Tahun 2017.

Sesuai amanat Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2014 pasal  23 ayat (2) disebutkan, penempatan tenaga kesehatan oleh pemerintah atau pemerintah daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan cara, huruf (c) “penugasan khusus”, dan memperhatikan semangat  Nawacita ke 3, yaitu Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat Daerah-Daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan, maka Kementerian Kesehatan sejak tahun 2015 melakukan program penempatan tenaga kesehatan yang komprehensif dan inovatif dengan mengutamakan pendekatan promotif dan preventif  melalui  Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam Mendukung Program Nusantara Sehat yang dikenal dengan “Program Nusantara Sehat”.

Program Nusantara Sehat merupakan wujud sinergi Kementerian Kesehatan dengan pemerintah daerah dan lintas sektor lainnya yang diyakini mampu memberikan  pelayanan kesehatan primer yang terjangkau dan berkualitas secara terintegrasi, terpadu, dan berkesinambungan. Dengan demikian, tanggung jawab pemerintah dimana   “Negara hadir di tengah-tengah masyarakat” melalui pelayanan kesehatan benar – benar dapat terwujud.

Sampai saat ini telah ditempatkan 1769 orang tenaga kesehatan di 311 Puskesmas sangat terpencil di Indonesia. Adapun Tim Nusantara Sehat yang ditempatkan di Propinsi Kalsel sejumlah 5 orang yang akan ditugaskan di 1 Puskesmas yaitu Puskesmas Sapala di Kab Hulu Sungai Utara yang terdiri dari 5 orang tenaga kesehatan.

Pemilihan lokus penugasan ini merupakan usulan dari dinas kesehatan setempat kemudian dilakukan survey/kajian lapangan oleh Badan Litbang Kesehatan,  disandingkan dengan data SI SDMK dan ditetapkan oleh Ditjen Pelayanan Kesehatan.

Acara serah terima  dihadiri  Bapak Plt. Sekda Kabupaten Hulu Sungai Utara yaitu Bapak drh.Suyadi. Dalam sambutannya beliu berterima kasih dengan adanya tambahan tenaga kesehatan yang mengabdi di daerah terpencil di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dengan adanya tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah Kecamatan Paminggir khususnya di wilayah kerja UPT Puskesmas Sapala. Beliau berharap tim Nusantara Sehat bisa betah di lokasi pengabdian.

Serah terima tim Nusantara Sehat diserahkan oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini diserahkan oleh Bapak Heriyadi,SKM kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam hal ini diterimakan  oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak dr.H.Agus Fidliansyah. Acara serah terima dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

 

.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: