Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Penanggulangan TB Tk.Kabupaten Hulu Sungai Utara

Foto Wie Aya.Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Penanggulangan TB Tk.Kabupaten Hulu Sungai Utara dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 September 2017 bertempat di Rumah Makan Rachmawati. Peserta adalah semua pengelola program TB di Kabupaten Hulu Sungai Utara, 13 orang dari Puskesmas se Kabupaten Hulu Sungai Utara dan 1 orang dari Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai. Pertemuan ini  dihadiri juga 2 orang Wasor TB dari Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan.  Maksud dan tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana capaian program dan permasalahan yang dihadapi di lapangan selama ini serta upaya tindak lanjut yang akan dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Disampaikan oleh Wasor TB Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak H. Noor Effendi, S.Kep.Ners, M.Epid bahwa ada peningkatan penemuan kasus TB khususnya TB Paru pada  Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam waktu 1 semestar tahun 2017,  hal ini dimungkinkan karena semakin meningkatnya kemampuan petugas/pengelola program TB di Puskesmas dan Rumah Sakit setelah memperoleh pelatihan peningkatan kemampuan di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Namun hal tersebut tidak terlepas juga dengan bermacam permasalahan dalam pengelolan selama ini, seperti :

  1. CDR masih rendah
  2. Pencatatan pelaporan belum sesuai pedoman : TB 01/02/05/04/06 belum di isi lengkap, TB 03 UPK belum, TB 06 masih di laboratorium.
  3. Perencenaan kegiatan P2 TB belum sesuai permasalahan.
  4. Uji silang belum dilaksanakan.
  5. Jejaring belum optimal.

Sedangkan upaya pemacahan masalah yang perlu dilaksanakan, seperti :

  1. Penemuan aktif dan massive terduga TB, diagnosis kasus sesuai pedoman, inovasi berorientasi germas.
  2. Pencatatan dan pelapporan sesuaikan dengan pedoman, validasi internal oleh tim TB faskes.
  3. Analisa permasalahan dan perencenaan kegiatan P2 TB sesuai permasalahan dengan inovasi dan kreasi.
  4. Uji silang sesuai pedoman
  5. Optimalisasi jejaring P2TB denganmembuat Group WA

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: