Monitoring dan Evaluasi Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan FKTP Tahun 2017

Dalam rangka dukungan dan pelaksanaan Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Tahun 2017 maka dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi Kapitasi Berbasi  Komitmen Pelayanan yang diselenggarkan pada hari Rabu Tanggal 13 September bertempat di aula Dinas  Hulu Sungai Utara.  Materi pertemuan adalah pembahasan capaian indikator komitmen pelayanan bulan Juni 2017 sampai dengan Agustus 2017 dan seberapa jauh pelaksanaan pemenuhan dari komitmen pelayanan tersebut. Sebagai peserta adalah tim penilai KBKP Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan seluruh Kepala Puskesmas di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan adalah penyesuaian besaran tarif kapitasi berdasarkan hasil penilaian pencapaian indikator pelayanan kesehatan perseorangan yang disepakati berupa komitmen pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam rangka peningkatan mutu pelayanan.

Penerapan pembayaran kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan sebagaimana dimaksud ditujukan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional. Dalam pelaksanaan JKN, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) harus dapat melakukan monitoring, evaluasi dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien (Peserta) yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan kepada peserta JKN.

Sumber :
PERATURAN BERSAMA SEKRETARIS JENDERAL KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA DAN DIREKTUR UTAMA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN NOMOR HK.02.05/III/SK/089/2016 NOMOR 3 TAHUN 2016 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN PEMBAYARAN KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: