GERMAS bersama Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Hulu Sungai Utara

Dalam rangka kegiatan pertemuan rutin Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Hulu ungai Utara bulan Oktober 2017 diangkat tema “Dengan Germas Kita Sehatkan Keluarga dan Indonesia”. Pertemuan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2017 bertempat di Gedung PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sebagai salah satu narasumber  Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak M.Husnul Haqi,SKM. menjelaskan tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

GERMAS meliputi kegiatan: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:

  1. Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,
  2. Mengonsumsi buah dan sayur; dan
  3. Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Pencanangan GERMAS menandai puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 yang jatuh pada 12 November 2016. GERMAS bertujuan untuk: Menurunkan beban penyakit; Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Sesuai dengan tema  yang diangkat diharapkan dengan Germas Kita Sehatkan Keluarga dan Indonesia.

Dalam acara tersebut dicontohkan juga gerakan peregangan untuk melepas lelah setiap jam 10.00 Wita dan sekitar 14.00 Wita.

Pada kesempatan acara tersebut turut memberikan sambutan dari ketua GOW, sambutan dari penasehat GOW, sambutan pelaksana pertemuan ketua IBI,

Ketua GOW HSU  Hj. Sri Berkati menyampaikan dalam sambutannya bahwa GERMAS paling tidak dimulai dari diri sendiri dan keluarga masing-masing karena wanita merupakan pigur yang selalu siap berada dalam rumah dan keluarga.
Organisasi Wanita yangg hadir diantaranya adalah IBI, Harpi Melati, Dharmayukti Karini, Adhyaksa Dharmakarini, Persit Chandra Kirana, Bhayangkari, Gatriwara, Iwapi, Iwabri, Fathayat NU, Aisyiah.

Sumber : www.depkes.go.id/…/pemerintah-canangkan-gerakan-masyarakat-hidup-sehat-germas

by. M Haqi/Jay/Dinkes

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: