Pemeriksaan Bumil Resiko Tinggi dan Pembinaan Tim PONED

Pemeriksaan Bumil Resiko Tinggi dan Pembinaan Tim PONED dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2017 bertempat di UPT Puskesmas Sungai Turak bekerjasama dengan Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai. Sebagai pelaksana adalah Seksi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Maksud dari kegiatan ini adalah dalam rangka upaya penurunan jumlah kematian ibu dan bayi di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Pasien Risiko Kehamilan yang diperiksa adalah :
1. Riwayat IUFD
2. Riwayat Epilepsi
3. Pengobatan Kista
4. Dengan Mioma – Kista
5. Dengan PEB (pre eklamsi berat)

Tema materi yang disampaikan Atonia Uteri. Atonia uteri adalah keadaan lemahnya tonus/kontraksi rahim yang menyebabkan uterus tidak mampu menutup perdarahan terbuka dari tempat implantasi plasenta setelah bayi dan plasenta lahir. Perdarahan oleh karena atonia uteri dapat dicegah karena : melakukan secara rutin manajemen aktif kala III pada semua wanita yang bersalin karena hal ini dapat menurunkan insidena perdarahan pascapersalinan akibat atonia uteri. dr. Endang Ruslianty,Sp.OG sebagai narasumber juga berbagi ilmu tentang bagaimana cara menggunakan alat USG.

Dihadiri juga oleh perwakilan dari puskesmas Guntung yang diwakili oleh Bidan Koordinator, Dwi Rihil Mursalah, Am.keb beserta beberapa bidan desa dan bidan puskesmas. Puskesmas Haur Gading juga diwakili oleh Bidan Koordinator, Kamini, Am.keb beserta beberapa bidan desa dan bidan puskesmas.

 

by . jay/dinkes

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: