Tim Nusantara Sehat Kab HSU berhasil membawa kader remaja Puskesmas Sapala menjuarai semua kategori lomba kesehatan tingkat kabupaten

Sapala – 30-10-2017, Tim nusantara sehat kab HSU beserta staff Puskesmas Sapala berhasil menghantarkan kader remaja yang juga tergabung dalam anggota kepramukaan Saka Bhakti Husada Puskesmas Sapala untuk mengikuti lomba kesehatan pada tanggal 28 – 29 oktober 2017 di lapangan Alabio Kecamatan Sungai pandan dalam  acara “Giat Prestasi Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada Kwartir Cabang Hulu Sungai Utara se- Kab Hulu Sungai Utara Tahun 2017”

Tujuan dari kegiatan ini adalah Memberikan pengalaman kepada anggota pramuka Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada kwartir tingkat puskesmas dalam hal pengembangan wawasan untuk menciptakan generasi muda yang perduli kesehatan.

Anggota pramuka saka bhakti husada berasal dari SMK Sapala, sehingga pihak sekolah bekerja sama dengan Puskesmas Sapala dan tim nusantara sehat untuk mempersiapkan mental, fisik serta ilmu kepada anggota saka bhakti husada puskesmas Sapala. Kegiatan ini terdapat 5 kategori perlombaan diantaranya adalah lomba Penyuluhan kesehatan, drama kesehatan, P3k, senam Germas dan yel – yel.

keterbatasan alat P3K dan tempat latihan menjadi salah satu kendala yang dialami, karena sebagian besar wilayah Puskesmas Sapala adalah rawa dan sangat sulit untuk menemui tanah lapang untuk berlatih. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat para anggota saka bhakti husada Puskesmas Sapala untuk serius menjalani pelatihan.

Selama kurang lebih 2 minggu berlatih secara rutin, alhamdulillah anggota saka bhakti husada Puskesmas Sapala berhasil memborong piala di SEMUA kategori lomba. Lomba Penyuluhan kesehatan dan senam germas mendapat juara 1, P3K berhasil menjuarai peringkat 2, drama kesehatan dan Yel – Yel berhasil meraih juara 3. Puskesmas sapala berhasil membuktikan bahwa remaja remaja dari desa sangat terpencil dengan segala kekurangannya tetapi mempunyai kualitas yang sama baik nya dengan remaja remaja di kota dalam bidang kesehatan.

Ini adalah pengalaman pertama bagi para kader remaja Puskesmas Sapala untuk mengikuti kegiatan Lomba Kesehatan tingkat Kabupaten, sebelumnya puskesmas Sapala belum pernah mengirimkan kader remaja untuk mengikuti perlombaan karena terkendala minimnya tenaga kesehatan puskesmas sapala untuk melakukan pembinaan ke kader remaja. Semoga untuk kedepannya kedatangan Tim Nusantara Sehat batch 7 bisa benar benar membantu Puskesmas Sapala untuk lebih maju.

by. TIM NS Sapala/dinkes

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: