Tes Kebugaran Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional Ke -53 Tahun 2017 Di Kabupaten Hulu Sungai Utara

Masih dalam suasana memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-53 tim Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan tes kebugaran bagi karyawan dilingkungan SKPD di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kegiatan bertempat di lapangan Pahlawan Amuntai pada hari Minggu tanggal 12 Nopember 2017. Walaupun cuaca cukup panas namun keinginan peserta tetap kuat untuk mengikuti tes kebugaran. Tes kebugaran ini juga diikuti Bupati Hulu Sungai Utara Bapak H.Abdul Wahid,HK beserta Ibu.

Kebugaran Jasmani (Physical fitness) dalam beberapa istilah, seperti kebugaran jasmani, kesegaran jasmani, kesanggupan jasmani, kesamaptaan jasmani.
Dan dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari dengan mudah tanpa merasa lelah yang berlebihan, masih mempunyai cadangan untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk melakukan kegiatan yang mendadak lainnya.
Komponen Kebugaran Jasmani
Kebugaran jasmani merupakan unsur yang dimiliki oleh tubuh dan mampu berfungsi dengan baik. Untuk mencapai kondisi kebugaran jasmani yang prima, seseorang perlu melakukan latihan fisik yang melibatkan komponen-komponen kebugaran dengan metode latihan yang benar. Adapun komponen kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan terdiri komponen dasar yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Komponen dasar itu antara lain adalah :
a) Daya tahan jantung dan paru-paru.
Komponen ini menggambarkan kemampuan dan kesanggupan melakukan kerja dalam keadaan aerobik, artinya kemampuan dan kesanggupan sistem peredaran darah dan pernapasan dalam hal mengambil dan mengadakan atau menyediakan oksigen yang diperlukan, hal ini berkaitan dengan stamina.
b) Komposisi tubuh.
Hal ini berhubungan dengan pendistibusian otot dan lemak diseluruh tubuh.
c) Kekuatan otot
d) Daya tahan otot
Produksi energi yang bertambah akan diubah menjadi kapasitas yang lebih besar untuk menghasilkan kerja yang lebih lama.
e) Fleksibilitas.
Kemampuan gerak dari persendian tubuh dalam melakukan gerak yang luas jangkauannya.
Manfaat Kebugaran Jasmani.
Manusia akan lebih mudah melaksanakan aktivitas dan kegiatan sehari-hari dengan memiliki jasmani yang sehat, karena fungsi kebugaran jasmani adalah untuk mengembangkan kemampuan, kesanggupan, daya kreasi, dan daya tahan dari setiap manusia yang berguna untuk mempertinggi daya kerja.
Penilaian Kebugaran Jasmani
Persiapan bagi peserta Pemeriksaan Kebugaran Jasmani
1. Peserta dalam keadaan sehat melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik oleh dokter pemeriksa.
2. Peserta tidur cukup sebelum pengukuran minimal 6 jam.
3. Makan dilakukan 2 (dua) jam sebelum pengukuran.
4. Tidak melakukan aktivitas berat minimal 24 jam sebelum pengukuran.
5. Pengukuran dilakukan pada pagi hari.
6. Peserta memakai pakaian olahraga lengkap.
Metode Pengukuran Kebugaran Jasmani.
1. Metode Rockport
Lari atau jogging secara konstan menempuh jarak sejauh 1,6 km, dengan ketentuan telah mendapat persetujuan layak untuk mengikuti metode ini oleh dokter pemeriksa kebugaran.
2. Metode Jalan selama 6 (enam) menit.
Hal ini adalah merupakan pilihan, pemeriksaan kebugaran juga harus setelah melalui mendapat persetujuan layak dari dokter pemeriksa kebugaran.
Hasil Pemeriksaan kebugaran dapat menggambarkan dan dasar untuk melakukan aktivitas fisik, pilihan olahraga apa yang seharusnya dilakukan serta interval dalam melakukan melakukan kegiatan dalam berolahraga.

by. Mul/Jay/Dinkes

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: