Pencanangan Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan ( STOP BABS) Kabupaten Hulu Sungai Utara

Pada Hari Kamis 23 November 2017 Telah dilakukan Pencanangan STOP BABS Sembarangan Bertempat di Siring Itik Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sekitar 21 desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) dan Pencanangan gerakan stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS). Kegiatan ini sesuai dengan program pemerintah pusat universal akses yaitu seluruh masyarakat Kabupaten HSU pada 2019 wajib mengakses air minum yang aman, tidak ada kawasan kumuh dan akses sanitasi layak. Sehingga masi ada 194 Desa yang belum dan 4 Kelurahan dari 214 desa, dan 5 Kelurahan. Tahun 2019 , 100% Desa ODF ( OPEN DEFECATION FREE)  Ke 219 .

Adapun 21 desa yang telah bebas dari buang air besar sembarangan mendapatkan penghargaan dari pemerintah daerah adalah Desa Banyu Hirang, Simpang Empat, Simpang Tiga, Murung Sari, Teluk Paring, Ujung Murung, Teluk Sari, Telaga Sari, Pandawaan, Tebing Liring, Panangian, Tangga Ulin Hilir, Murung Sari, Murung Asam, Sungai Pandan, Tambalang Tengah, Haur Gading, Lok BAngkai, Baruh Tabing, Galagah dan Manarap Hulu.

Dan bagi desa yang telah bebas BABS mendapatkan penghargaan oleh pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan HSU. Bapak Bupati Hulu Sungai Utara sendiri yang menyerahkan penghargaan tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU dr Agus Fidliansyah mengatakan saat ini Kabupaten HSU yang telah mengakses air minum layak sebesar 72.04 persen, akses sanitasi layak sebesar 60.87 persen dan kawasan kumuh masih 28 persen.

Yang Menghadiri Kegiatan Pencanangan Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan Stop Babs Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kepala Desa, SKPD, Forum Koordinasi Daerah, Seluruh Camat, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dan Seluruh Masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/11/23/warganya-tak-lagi-bab-sembarangan-21-desa-di-hsu-ini-dapat-penghargaan

 

 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: