MARI BERGERAK BERSAMA MENCAPAI UNIVERSAL AKSES TAHUN 2019 (100 – 0 – 100)

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, Pemerintah Indonesia diamanatkan untuk memenuhi target akses universal di tahun 2019 yaitu tercapainya 100% akses aman air minum, 0% kawasan kumuh, dan 100% akses sanitasi layak yang kemudian menjadi Gerakan 100-0-100.Target tersebut bertujuan mewujudkan lingkungan permukiman yang baik yang berdampak pada peningkatan kesehatan masyarakat.

Dalam Rangka hal tersebut maka Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Dinas Kesehatan terus berupaya untuk mewujudkan amanh tersebut,.turut serta dalam percepatan pencapaian UNIVERSAL AKSES tahun.2019 khususnya di bidang sanitasi. Pembuatan WC sehat dengan septiktank model buisbeton (gorong-gorong) yang langsung dicetak dilubang. Pelaksanaan dipandu bersama dengan fasilitator STBM Rifan Snc. Berbagi pengalaman dengan masyarakat tentang teknis pembuatan WC sehat model Buisbeton/gorong-gorong di beberapa desa,,

Bekerja di daerah yang -+85% rawa dan sungai membuat terpicu untuk berinovasi membuat suatu Teknologi Tepat Guna (TTG) septiktank yang cocok untuk daerah rawa dan sungai dengan memanfaatkn kearifan lokal yang ada,,Alhamdulillah akhirnya dapat membuat dan uji fungsi TTG septiktank tersebut di salah satu desa di Kab. Hulu Sungai Utara,Prov.Kalsel yang berada di atas rawa.mudah-mudahan ini berhasil dan menjadi salah satu alternatif septiktank di rawa/sungai dan dapat di terapkan di masyarakat sehingga penyakit berbasis lingkungan dapat ditekan,salah satunya penyakit yang spesifik di rawa daerah KabupatenHulu SungaiUtara yaitu fasciolopsis buski.

by.Rusdie

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: