Hot! Kunjungan rumah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)

Kunjungan rumah ODGJ oleh Tim pelayanan  kesehatan jiwa Dinkes Kabupaten Hulu Sungai Utara dan petugas Puskesmas  Banjang ke Pulau Damar dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 28 Maret 2018. Kunjungan  didampingi dokter spesialis Penyakit Jiwa Rumah Sakit Pambalah batung Amuntai ,bapak dr.Sate, Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Program Penyakit Tidak Menular yang bertujuan membantu penderita gangguan jiwa berat yang tidak bisa dilakukan rawat inap dan membebaskan orang dengan gangguan jiwa dari pasung.

Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dan dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya (UU No 18 tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa).

Masalah kesehatan jiwa di keluarga dan masyarakat semakin meningkat, terlihat dari banyaknya tindak kekerasan (KDRT,), kenakalan remaja (anak jalanan, kecanduan game, tawuran), penyalahgunaan narkoba, bahkan begitu mudahnya melakukan tindakan bunuh diri. Kurangnya pengetahuan, akses yang sulit dijangkau, dan keterbatasan tenaga kesehatan jiwa merupakan beberapa penyebab gangguan jiwa tidak terdeteksi di keluarga dan masyarakat

by.dinkes/ptm

kesehatan-jiwa-lampung-barat.blogspot.com

 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: