PEMBINAAN PENINGKATAN PERAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2W-KSS) DAN KECAMATAN SAYANG IBU (KSI)

PEMBINAAN PENINGKATAN PERAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA  (P2W-KSS) DAN KECAMATAN SAYANG IBU (KSI) OLEH TIM POKJA P2W-KSS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DI DESA KARIAS DALAM KECAMATAN BANJANG.

PEMBINAAN P2W-KSS DAN KSI  MERUPAKAN KEGIATAN PROGRAM TERPADU LINTAS SEKTOR SEBAGAI SALAH SATU BENTUK IMPLEMENTASI DARI PERSAMAAN GENDER UNTUK  MENINGKATKAN PERAN DAN KUALITAS KAUM PEREMPUAN SEHINGGA TERWUJUD PEMBERDAYAAN PEREMPUAN YANG BERKEADILAN GENDER. TUJUANNYA MENETAPKAN DESA/KELURAHAN YANG BERHASIL MELAKSANAKAN SECARA TERPADU P2W-KSS SESUAI DENGAN KEBIJAKAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESETARAAN GENDER.

PEMBINAAN P2W-KSS DAN KSI INI JUGA MERUPAKAN SALAH SATU UPAYA PEMERINTAH UNTUK MENGANGKAT CITRA WANITA DAN MENINGKATKAN PERANANNYA DALAM BERBAGAI AKTIVITAS PEMBANGUNAN MELALUI PROGRAM LINTAS SEKTORAL.

KAUM WANITA TIDAK BISA LAGI DIANGGAP REMEH DAN DIPANDANG SEBELAH MATA BAHKAN DIANGGAP SEBAGAI KAUM RUMAHAN, TETAPI SAAT INI WANITA SEMAKIN DITUNTUT PERANANNYA UNTUK IKUT MENGISI DAN BERPARTISIPASI DALAM PEMBANGUNAN, PEMERINTAHAN MAUPUN KEMASYARAKATAN. TERMASUK UPAYA MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DAN KESEHATAN KELUARGA.

KARENANYA, PEMBANGUNAN KE DEPAN SANGAT MEMBUTUHKAN ALIANSI, KERJASAMA, DUKUNGAN YANG SEJAJAR ANTAR SEMUA KOMPONEN MASYARAKAT, TIDAK TERKECUALI BAGI KAUM PEREMPUAN, YANG DIMULAI DARI LINGKUNGAN KELUARGA, KEWILAYAHAN HINGGA BANGSA.

PEMERINTAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA, TERUS BERHARAP PERAN AKTIF SELURUH LAPISAN MASYARAKAT TERMASUK KAUM PEREMPUAN DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN YANG BERLANGSUNG DI DAERAH INI. SELAIN MENYANDARKAN KEPADA SELURUH APARATUR PEMERINTAH DAN PARA PEMANGKU KEPENTINGAN (STAKE HOLDER) YANG ADA. YANG JELAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN ADALAH SESUATU HAL YANG HARUS TERUS MENERUS DILAKUKAN.

PROGRAM P2W-KSS DAN KSI DARI TAHUN KE TAHUN DAPAT SEMAKIN BERSINERGI DENGAN BEBERAPA PROGRAM DARI INSTANSI DAN LEMBAGA YANG LAIN. HARAPANNYA KEGIATAN INI AKAN LEBIH MEMPUNYAI DAYA UNGKIT YANG LEBIH BESAR DENGAN MOTOR PENGGERAKNYA ADALAH KAUM PEREMPUAN. DENGAN DEMIKIAN TUJUAN KEMANDIRIAN KELUARGA DI BIDANG EKONOMI, KESEHATAN, PENDIDIKAN DAN BIDANG LAINNYA DAPAT TERWUJUD.

Demikian sambutan Wakil Bupati Hulu Sungai Utara Bapak HUSAIRI ABDI, Lc pada acara pembinaan  P2WKSS dan KSI di Kecamatan Banjang di desa Krias Dalam pada Selasa, 10 April 2018.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: