AKUNTABILITAS KINERJA DINKES HSU Tahun 2017

Dinas Kesehatan pada tahun 2017 telah menetapkan sasaran strategis dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan di wilayahnya sesuai permasalahan di masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sasaran strategis ini mengacu pada SPM kesehatan dan RAD MDG’s Kabupaten Hulu Sungai Utara serta tetap mengacu dengan Renstra Kementerian Kesehatan 2015-2019 dan Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara 2013-2017.

Indikator  kinerja makro bidang kesehatan selain umur harapan hidup (UHH) adalah  Angka Kematian Ibu (AKI)  dan Angka Kematian Bayi (AKB), dikarenakan angka kematian ibu itu pembaginya adalah 100.000 kelahiran hidup maka dalam hal ini digunakan jumlah absolut, sedangkan di daerah jumlah kelahiran hidup (KH) berkisar 3.000 –  4.000 an KH. Pada tahun 2017 jumlah kematian ibu sebanyak 6 orang dari 3.906 KH, terjadi peningkatan dibandingkan  jumlah kematian ibu pada tahun 2016 sebanyak 4 orang dari 3.849KH.

Sedangkan jumlah kematian bayi pada tahun 2017 adalah  sebanyak  67 orang, menurun dibandingkan pada tahun 2016 sebanyak 80 orang. Kalau diprosentasikan dapat  dilihat bahwa angka kematian bayi terjadi yang sebelumnya sebesar 21/1000 KH di tahun 2016, turun menjadi 17/1000KH pada tahun ini. Kondisi ini dibawah target daerah dan nasional. Kematian terbanyak pada kelompok usia 0-7 hari yang menunjukkan kualitas dan kemampuan bidan dalam memberikan penanganan terhadap komplikasi neonatus masih rendah dan juga perlu ditingkatkan kualitas ANC, karena ANC yang berkualitas sesuai dengan standart kebidanan akan mencegah dan menurunkan angka kesakitan dan kematian baik pada bayi dan ibu.

Penyebab kematian bayi juga masih didominasi oleh BBLR dan Asfiksia. Hal ini selain dipengaruhi oleh keterampilan dan kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan juga terkait dengan sarana prasaran yang tersedia, status kesehatan ibu dan bayi terutama status gizi dan penyakit penyerta.

Secara lengkap dapat di download di sini : 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: