HARI LANJUT USIA TINGKAT KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2018

Kesehatan adalah hak azasi manusia, sehingga pemenuhan terhadap hak azasi tersebut adalah penting.Pembangunan kesehatan di Indonesia telah berhasil menurunkan angka kematian bayi, ibu dan angka fertilitas serta menghasilkan perbaikan gizi masyarakat. Dalam upaya meningkatkan usia harapan hidup pada masyarakat terutama pada kaum lansia, perlu di upayakan agar para lansia ini mempunyai pengetahuan untuk hidup sehat dan bersih sehingga tetap produktif di usia lanjut.

      Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di peringati setiap tanggal 29 Mei, pada Tahun 2018 ini dengan Tema : Lansia Sejahtera Masyarakat Sejahtera, Sub Tema : 1)”Mempersiapkan Generasi Muda untuk Mewujudkan Lansia Sehat, Aktif dan Bermartabat”, 2)”Memperkuat Hubungan Lintas Generasi yang harmonis Menuju Lansia Bermartabat”, 3)”Melindungi Lansia Menuju Lansia Sejahtera dan Bermartabat”, sedangkan sub tema bidang kesehatan adalah ”Lansia Sehat Mandiri, Diwujudkan dari Keluarga Sehat”. Dalam rangka memeriahkan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara mengadakan lomba-lomba untuk lansia.

      Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia negara memiliki perhatian yang tinggi terhadap kesejahteraan lanjut usia, berpihak kepada hak-hak dan pemenuhan kebutuhan lanjut usia serta menjamin peningkatan aktualisasi diri dan peran sosialnya dimasyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan kepedulian dan pengabdian yang totalitas dari segenap komponen bangsa untuk bersama-sama melindungi, menyayangi dan meningkatkan taraf hidup lanjut usia. Dengan demikian diharapkan pada tahun 2025 akan tercapai Lanjut Usia Indonesia Sejahtera.

      Mengingat pentingnya masalah kesehatan usia lanjut ini diharapkan agar tercapai tujuan pembinaan kesehatan usila yaitu mewujudkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan usia lanjut untuk mencapai masa tua yang bernbahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

 Kegiatan Hari Lanjut Usia yaitu melaksanakan :

  1. Senam Bersama Lansia
  2. Seminar Gizi Lansia
  3. Lomba menyusun Puzzle dan Pesan Berantai

Kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2018 :

Hari              : Selasa

Tanggal : 15 Mei 2018

Tempat : Aula Dinas Kesehatan Kab. HSU

Kegiatan Hari Lanjut Usia Nasioanal Tingkat Kab. HSU dilaksanajan oleh Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan kabupaten Hulu Sungai utara.

Peserta berjumlah +85 orang yang terdiri dari :

  1. Puskesmas Sei. Karias 2 Kelompok Lansia
  2. Puskesmas Sei. Malang 1 Kelompok Lansia
  3. Puskesmas Sei. Turak 1 Kelompok Lansia
  4. Puskesmas Guntung 1 Kelompok Lansia
  5. Puskesmas Haur Gading 2 Kelompok Lansia
  6. Puskesmas Amuntai Selatan 1 kelompok Lansia
  7. Puskesmas Banjang 1 Kelompok Lansia
  8. Puskesmas Pasar Sabtu 1 Kelompok Lansia
  9. Puskesmas Danau Panggang 1 Kelompok
  10. Puskesmas Alabio 2 Kelompok Lansia
  • Tiap kelompok (1 orang kader dan 4 orang lansia berumur minimal 50 tahun)
  • Pengelola dan petugas pendamping Puskesmas 2 orang

Pada kesempatan acara tersebut ibu ketua PKK Kab.Hulu Sungai Utara memberikan sambutan sebagai berikut :

 

Assalamua’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua,

Puji syukur kehadirat Allah SWT sehingga kita dapat bertemu pada acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tk. Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2018.

        Umur Harapan Hidup (UHH) di Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2004, UHH di Indonesia mencapai 68,6 tahun, meningkat menjadi 69,8 tahun pada tahun 2010 (BPS,2005) dan menjadi 70,8 tahun pada tahun 2015. Peningkatan UHH ini berdampak pada bertambahnya jumlah penduduk lansia dengan segala konsekuensinya. Berdasarkan Susenas, tahun 2015 jumlah lansia sebesar 21,72 juta jiwa atau 8,43% dari jumlah penduduk. Berdasarkan proyeksi penduduk dari BPS, diperkirakan pada tahun 2020 penduduk lansia akan mencapai 27,09 juta atau 9,99% dari jumlah penduduk sedangkan pada tahun 2035 sebesar 48,20 juta atau 15,77% dari jumlah penduduk dan menurut SUPAS 2015, diperkirakan pada tahun 2050 penduduk lansia mencapai 61,7 juta atau 19,2% dari jumlah penduduk. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kita semua untuk mempersiapkan Lansia agar menjadi sehat, mandiri dan produktif agar tidak menjadi beban bagi Negara.

        Berdasarkan data Sakernas, BPS tahun 2015 terdapat 48% lansia masih bekerja, 30% mengurus rumah tangga dan 22% melakukan kegiatan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat potensi lansia untuk mendapat berkarya dan berdaya guna (lansia potensial) yang dapat dioptimalkan. Karakter lansia yang mempunyai pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan kearifan, membuat lansia memiliki peran yang penting di dalam keluarga dan masyarakat, karena mereka akan lebih didengar dan dihormati sehingga mampu mempengaruhi dalam pengambilan keputusan, sikap dan perilaku keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu, perlu untuk memperkuat hubungan yang harmonis lintas generasi dan menyiapkan generasi penerus dalam upaya mewujudkan lansia yang sehat, mandiri dan produktif.

        Salah satu cara bentuk perhatian pemerintah kepada lansia adalah tanggal 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) sejak tahun 1996. Peringatan HLUN ini dapat digunakan sebagai momen untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat terhadap lansia dengan cara melakukan sosialisasi dan kampanye mengenai kesejateraan lansia termasuk kesehatan lansia.

        Tema HLUN tahun 2018 adalah “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia” Sub Tema : 1)”Mempersiapkan Generasi Muda untuk Mewujudkan Lansia Sehat, Aktif dan Bermartabat”, 2)”Memperkuat Hubungan Lintas Generasi yang harmonis Menuju Lansia Bermartabat”, 3)”Melindungi Lansia Menuju Lansia Sejahtera dan Bermartabat”, sedangkan sub tema bidang kesehatan adalah ”Lansia Sehat Mandiri, Diwujudkan dari Keluarga Sehat”.

        Posyandu lansia se Kabupaten Hulu Sungai Utara sampai bulan April 2018 berjumlah 99 buah. Hal ini menunjukan kesadaran masyarakat untuk pemantauan kesehatan lansia. Dan nantinya diharapkan seluruh desa mempunyai posyandu lansia.

 

 

by Jay/dinkes

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: