Pertemuan dan Sosialisasi HIV Bagi Populasi Kunci

Perkembangan penyakit HIV-AIDS dengan angka mortalitas dan angka morbiditas semakin memperlihatkan kecendrungan yang terus meningkat dengan pola penyebaran yang bervariasi. Hal ini membawa persoalan kesehatan masyarakat yang serius dan berimplikasi pada aspek lain seperti sosial, budaya dan ekonomi. Peningkatan kasus HIV-AIDS dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti rendahnya tingkat sosial ekonomi, pengetahuan tentang HIV-AIDS dan cara pencegahannya yang masih minim, industrialisasi dan modernisasi yang berdampak pada maraknya prostitusi dan akses transportasi serta informasi yang semakin baik.
Di Kabupaten Hulu Sungai Utara, kasus HIV-AIDS mulai ditemukan sejak tahun 2009. Secara kumulatif sampai dengan triwulan 2 tahun 2018 kasus HIV-AIDS yang ditemukan berjumlah 44 orang, dan 22 orang diantaranya telah meninggal dunia (angka kematian mencapai 50%). Dari jumlah tersebut, penderita terbanyak pada usia produktif (20-50 tahun) yaitu 37 orang (84,1%). Jalur penularan sebagian besar secara seksual (97%) dengan populasi kasus tertinggi pada pekerja seks/pelanggannya (49%) dan Lelaki Seks Lelaki/Waria (28%).
Upaya komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) yang berdampak langsung terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat terutama populasi kunci/populasi berisiko tinggi menjadi prioritas program penanggulangan penyakit ini. Oleh karena itu maka Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan kegiatan “Pertemuan dan Sosialisasi HIV Bagi Populasi Kunci “ pada tanggal 29 Agustus 2018 yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sebanyak 30 peserta berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari kelompok populasi kunci dari kalangan waria, gay/lelaki seks lelaki, Wanita Pekerja Seks Tidak Langsung (WPS-TL), pengguna narkoba serta dari organisasi kemasyarakatan yang terdiri atas kader Warga Peduli AIDS (WPA), Komunitas Muda Peduli HIV Puskesmas Guntung, Pramuka Saka Bakti Husada dan Pemuda Muhammadiyah Hulu Sungai Utara. Dari kalangan kesehatan yang terlibat sebagai peserta aktif adalah para Pengelola Program HIV dari 3 (tiga) Puskesmas terpilih yaitu Puskesmas Sei Karias, Puskesmas Sei Malang dan Puskesmas Guntung serta Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Kegiatan berlangsung dengan metode paparan, diskusi, game/permainan dan energizer yang membuat acara berlangsung hangat dan meriah. Di awali dengan pembukaan oleh plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Bapak dr. H. Agus Fidliansah, dengan 2 orang narasumber yaitu Bapak Mursalin, SKM, M.Kes (Pengelola Program HIV Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan) dan Bapak H. Masbudianto, SKM (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara). Bertindak sebagai moderator Bapak H. Nor Efendi, S.Kep,Ns, M.Epid, epidemiolog ahli muda yang sekaligus sebagai Konselor Tes HIV Sukarela Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Melalui kegiatan ini dihimbau agar seluruh masyarakat, terutama kelompok populasi kunci/berisiko tinggi seperti yang suka berganti-ganti pasangan seksual dan pengguna narkoba suntik mau secara sukarela untuk segera melakukan Tes HIV yang tersedia di seluruh Puskesmas se-Kabupaten Hulu Sungai Utara serta RSUD Pambalah Batung Amuntai. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara dini status HIV seseorang (sebelum masuk ke dalam kondisi AIDS) agar tatalaksana pengobatan dan perawatan penyakitnya dapat lebih mudah dilakukan sehingga dapat menekan angka kematian yang masih tinggi. Meskipun pengobatan dan perawatan yang diberikan dengan terapi obat Anti Retro Viral (ARV) yang sifatnya hanya mampu menekan laju perkembangan virus HIV dalam tubuh penderita (tidak menyembuhkan) namun hal ini terbukti mampu meningatkan kualitas hidup dan memperpanjang harapan hidup pengidap HIV-AIDS. Untuk informasi lebih lanjut tentang HIV-AIDS dapat menghubungi pengelola program HIV di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara atau Konselor Tes HIV Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui nomer WA 082250206161 (fendy/yuli, 300818).

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: