Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri Tahap I Tahun 2018.

Anemia remaja putri menjadi masalah kesehatan masyarakat jika prevalensi > 15%. Hasil pemeriksaan kadar hemoglobin (Hb) terhadap 17.239 remaja putri di Kalimantan Selatan tahun 2015 menyimpulkan bahwa 36,33% remaja putri menderita anemia (keadaan kekurangan sel-sel darah merah atau hemoglobin). Remaja putri apabila menjadi ibu hamil berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah & mengalami perdarahan saat melahirkan. Hal ini menunjukan bahwa anemia remaja putri merupakan masalah kesehatan masyarakat serius yang harus segera ditangani karena berdampak besar bagi kelangsungan generasi penerus. Suplementasi zat besi pada remaja putri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan status gizi & kesehatan calon ibu (menurunkan kematian ibu melahirkan akibat perdarahan & menurunkan bayi lahir dengan berat badan rendah).
Berdasarkan permasalahan tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Utara kembali akan mengadakan kegiatan pencegahan & penanggulangan anemia remaja putri di Kab. Hulu Sungai Utara. Kegiatan ini akan melibatkan 790 siswi SMP/MTs sebagai sasaran. Setiap sasaran akan mendapatkan pemaparan tentang anemia zat gizi besi & paket suplemen zat besi berupa Tablet Tambah Darah (TTD) yang harus dikonsumsi oleh setiap sasaran sesuai anjuran. Setiap sasaran juga akan diperiksa kadar Hb nya oleh petugas kesehatan & pada waktu yang disepakati, sasaran yang bersangkutan akan diperiksa kadar Hb nya kembali oleh petugas kesehatan.
Jadwal kegiatan Pencegahan & Penanggulangan Anemia Remaja Putri Tahap I Tingkat Kab. HSU Tahun 2018 :
1. Selasa, 6 Nopember 2018 : SMPN 2 AMUNTAI (110 siswi)
2. Selasa, 6 Nopember 2018 : SMPN 4 AMUNTAI (190 siswi)
3. Rabu, 7 Nopember 2018 : MTsN AMUNTAI (490 siswi).
Bekerjasama dengan Laboratorium klinik, Banua Medika kandangan
dr. M. Ridwan, Sp.PK sebagai penanggung jawab.
Dihadiri oleh :
1. Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Utara, dr. H. Agus Fidliansyah
2. Staf Seksi Kesehatan Keluarga & Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Ardiansyah, M.Kes
3. Kabid Kesmas Dinkes Kab. HSU, Eddy Hadrian Noor, S.Sos
4. Kasi Kesehatan Keluarga & Gizi Masyarakat Dinkes Kab. HSU, Muhammad Husnul Haqi, SKM
5. Seluruh Staf Seksi Kesga Gizi Masyarakat Dinkes Kab.HSU
6. Tenaga Gizi & Bidan UPT.Puskesmas Sungai Malang.

Semua siswi mendapatkan pemaparan tentang anemia zat gizi besi & paket suplemen zat besi berupa Tablet Tambah Darah (TTD) yang harus dikonsumsi oleh setiap sasaran sesuai anjuran. Semua siswi juga akan diperiksa kadar Hb nya oleh petugas kesehatan.
Pada hari pertama pelaksanaan dilakukan pada hari Selasa 6 Nopember 2018 bertempat di SMPN 2 AMUNTAI dengan jumlah siswi 110 orang. Serta di SMPN 4 AMUNTAI dengan jumlah siswi 190 orang. Pada hari kedua pelaksanaan dilakukan pada hari Rabu 7 Nopember 2018 bertempat di MTsN 2 AMUNTAI dengan jumlah siswi 490 orang.

by.Jayanti/kesga.gizi

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: