Perpisahan Nusantara Sehat Puskesmas Sapala

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan Penguatan yankes primer yang mencakup tiga hal: Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan selain dokter). Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Penguatan yankes primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif atau pencegahan penyakit secara luas termasuk melalui pendidikan kesehatan, konseling serta screaning (penapisan).

Puskesmas Sapala Kecamatan paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan salah satu lokasi ditempatkannya tenaga Nusantara Sehat yang berjumlah 4 orang. Mereka telah bertugas  selama 2 tahun dan pada tanggal 16 Agustus 2019 dilakukan perpisahan dan ramah tamah dengan pihak  Dinas Kesehatan yang bertempat di Aula Dinkes HSU.

Sumber :https://www.facebook.com/notes/kementerian-kesehatan-ri/apa-itu-nusantara-sehat/990456864317747/

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: