15 Santriwati Ponpes Darul Hijrah Jalani Skrining COVID-19

Tiba di kampung halaman, sebanyak 15 santriwati Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri menjalani proses skrining test guna penanganan pandemi Covid-19 di depan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa (14/4/2020) sekitar pukul 18.00 Wita.

Kepala Dinkes HSU dr H Agus Fidliansyah mengakui skrining -deteksi dini dari suatu penyakit atau usaha untuk mengidentifikasi penyakit- ini dilakukan sebagai upaya tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten HSU mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita lakukan skrining kepada 15 santriwati Ponpes Darul Hijrah Putri. Mereka datang diantar dengan sebuah bus kemudian turun cuci tangan dan diperiksa kesehatan satu persatu oleh petugas kesehatan,” ujarnya.

Menurut Kadinkes HSU ini seluruh santriwati ditetap kan statusnya sebagai ODR atau orang dalam resiko.

“Hasilnya semua tidak ada demam dan tidak ada gejala mirip corona, sehingga kita masukan pada kelompok ODR karena mereka datang dari daerah terjangkit,” sambung dr Agus Fidliansyah.

Disamping itu, Kadinkes HSU juga ikut memantau sekaligus memberikan arahan kepada santriwati, sementara petugas kesehatan dan orang tua menjaga jarak dan menggunakan masker.

Kadinkes mengimbau agar selama pulang kembali ke rumah masing-masing, para santri dapat mengambil tindakan yang dilakukan yakni harus minitoring dan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan orang tua.

“Selain itu, pakai masker, tetap jaga jarak, selalu cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan tetap di rumah saja,” anjurnya.

Usai pemeriksaan 15 santriwati langsung diperkenankan pulang bersama orang tua yang sudah menunggu. “Mereka akan terus dimonitoring oleh Puskesmas dimana santriwati berdomisili,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: